Kenali Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

 

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi mulai dari  zat besi, protein dan vitamin hingga berbagai mineral penting lainnya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah asam folat. Mengandung asam folat, nutrisi penting untuk pembentukan sel otak. Berikut makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sumber asam folat bagi ibu hamil. Hanya segenggam atau 30 gram kacang tanah dapat memenuhi seperlima dari kebutuhan asam folat harian. Selain selai kacang atau peanut butter, juga banyak mengandung asam folat. Namun, perlu diingat bahwa kacang tanah juga tinggi lemak.

  1. Sayur Hijau

Asam folat ibu hamil lainnya adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri dan lobak. Satu porsi atau 1 cangkir mengandung 263 mikrogram asam folat. Ini hampir setengah dari kebutuhan asam folat harian Anda. Selain bayam, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi kangkung, selada romaine, kangkung, dan kohlrabi untuk memenuhi kebutuhan asam folat hariannya.

  1. Buah-Buahan

Pepaya adalah buah kaya asam folat yang menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan asam folat harian. Ada juga jeruk dan grapefruits, yang mengandung sekitar 30-40 mikrogram asam folat. Moms bisa mengolah buah-buahan ini menjadi smoothies dan menjadikannya sebagai menu sarapan.

Jenis makanan diatas bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Selain kandungan ini, ibu hamil juga perlu melengkapi nutrisi lainya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan janin. Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan