12 Rekomendasi Tempat Wisata di Tuban Nuansa Alam dan Religius

Tempat Wisata di Tuban ada sangat banyak bahkan bisa sampai puluhan destinasi wisata menarik yang bisa kamu datangi di kota satu ini.

Tuba memiliki wisata alam yang lengkap, jadi jika kamu mencari tempat wisata alam yang menarik disini ada sangat banyak. Untuk menyortir tempat wisata menjadi lebih ringkas ke tempat wisata di Tuban yang menarik dan indah.

Disini kami sudah memberikan beberapa rekomendasinya untuk kamu yang dikutip dari Hargatiket.net. Jadi kamu ingin berwisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata keluarga di Tuban semuanya lengkap disini

1. Pantai Kelapa Tuban

Rekomendasi tempat wisata di Tuban pertama yang kami sajikan adalah Pantai Kelapa Tuban. Di Pantai Kelapa Tuban kamu akan menemukan banyak pohon kelapa yang tumbuh di bibir pantainya.

Pantai Kelapa Tuban masih tergolong pantai yang masih alami, karena memiliki pantai yang bersih dan ombak yang tenang.

Aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan di Pantai Kelapa Tuban adalah bermain pasir pantai, berfoto, berjemur, menikmati keindahan sunset di Pantai Kelapa Tuban dan memancing.

Selain itu kamu juga bisa membuat kemah dan melakukan aktivitas outbond disini jika kamu datang bersama teman ataupun rekan kerja sekantor.

Untuk lokasi dari Pantai Kelapa Tuban berada di daerah Payuran, tepatnya ada di sebelah timur dari kabupaten Tuban.

Untuk fasilitas umum yang ada di Pantai Kelapa Tuban masih kurang lengkap. Jadi kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti makanan dan minuman cukup saat berwisata di Pantai Kelapa Tuban.

2. Pantai Boom

Lanjut ke rekomendasi wisata pantai di Tuban yang ada di desa Kutorejo bernama Pantai Boom. Pantai Boom ini bisa dikatakan adalah salah satu pantai di Tuban yang paling populer untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Karena fasilitas yang ada di Pantai Boom sudah sangat lengkap sebagai tempat wisata. Jadi jika kamu kelupaan tidak membawa sesuatu saat berwisata, di tempat wisata Pantai Boom kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

Untuk fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, rest area dan juga pusat oleh-oleh bisa kamu temukan di Pantai Boom.

Selain fasilitas umum tempat wisata yang disebutkan di atas, di Pantai Boom kamu dapat melihat panorama alam pantai yang memukau.

Daratan dari Pantai Boom ini sangat luas dengan lebih daru 800 meter dari bibir pantai. Ada tempat unik yang ada di sekitar Pantai Boom, yaitu sumur kuno yang memiliki sumber air tawar.

Segala aktivitas menyenangkan di pantai, bisa kamu lakukan di Pantai Boom dengan bebas. Tetapi untuk berenang di laut kamu harus lebih berhati-hati walaupun ombak disini tidak besar.

3. Pantai Sowan Tuban

Masih merekomendasikan pantai indah di Tuban yaitu Pantai Sowan Tuban. Di Pantai Sowan Tuban kamu dapat menemukan pantai dengan pasir putih yang bercampur dengan bebatuan karang.

Sesuai dengan namanya Pantai Sowan, pantai ini lokasinya ada di Dusun Sowan yang ada di Daerah Bogoran, Bogorejo. Yang menarik dari pantai ini, kamu dapat menemukan hutan hijau dengan luas sampai 32 hektar yang ditumbuhi berbagai pohon seperti mahoni, klampis, dan trembesi.

Di Pantai Sowan Tuban, fasilitas wisatanya termasuk cukup memadai dan harga tiket masuknya juga sangat murah dan terjangkau hanya Rp 10 ribu per pengunjung.

4. Pantai Cemara

Pantai yang banyak pohon cemara tentunya memberikan keindahan tersendiri, karena itu jika kamu mencari pantai yang memiliki tempat seperti ini kamu bisa datang ke Pantai Cemara.

Dengan area hutan cemara yang sangat luas, pantai ini menyajikan pemandangan yang berbeda dari pantai pada umumnya. Ditambah lagi selain hutan cemara, disini juga terdapat mangrove center. Di mangrove center kamu bisa melakukan foto-foto menarik disini.

Pantai Cemara merupakan pantai yang masih alami dan bersih, garis pantai juga lebar dan panjang dengan ciri khas pasir putih halus.

Jika kamu berada di Pantai Cemara dan ingin bermain air dan berenang di laut. Maka kamu bisa melakukannya dengan tenang, karena pantai disini ombaknya tenang.

Tetapi saat di Pantai Cemara, kamu belum akan mendapatkan fasilitas wisata yang lengkap. Tetapi kamu bisa menikmati gazebo dan beberapa spot foto yang instagramable di Pantai Cemara.

Untuk kamu yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Cemara, kamu bisa datang ke Daerah Dusun Gresik, Desa sendangharjo, di daerah Sugihwaras.

5. Air Terjun Nglirip

Setelah membahas destinasi wisata pantai, kita pindah ke destinasi wisata alam air terjun di Tuban. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Nglirip di Tuban dengan air yang sangat jernih berwarna hijau tosca yang indah.

Ketinggian dari Air Terjun Nglirip ada sekitar 30 meter, dan paling menarik disini adalah warna airnya yang sangat memanjakan mata.

Kamu bisa mandi di kolam dibawah air terjun dan pastinya saat kamu datang ke Air Terjun Nglirip, pasti ingin mandi atau bermain air disini.

Saat berenang dan bermain air di Air Terjun Nglirip, kamu tetap harus waspada dan hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Air Terjun Nglirip berada di Dusun Jojogan di Desa Mulyo Agung yang ada di kecamatan Singgahan.

6. Pantai Pasir Putih Remen Tuban

Setelah membahas destinasi wisata air terjun di Tuban, balik lagi ke wisata pantai yaitu Pantai Pasir Putih Remen Tuban.

Untuk kamu yang suka bermain pasir dan berjemur di pantai, Pantai Pasir Putih Remen Tuban menjadi salah satu destinasi menarik di Tuban yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Pasir Putih Remen ini memiliki garis pantai lebar dan memiliki pantai dengan pasir putih yang halus.

Kamu bisa mengabadikan momen indah di Pantai Pasir Putih Remen untuk diupload ke media sosial. Selain itu kamu bisa berburu kuliner khas masyarakat tuban di sekitar pantai ini.

Untuk fasilitas di Pantai Pasir Putih Remen termasuk sudah cukup lengkap karena sudah ada warung makan, toilet, dan fasilitas lainnya.

7. Goa Ngerong Tuban

Selain wisata pantai dan air terjun, Tuban juga memiliki wisata alam Goa, yaitu Goa Ngerong Tuban. Jika kamu suka berwisata goa maka Goa Ngerong Tuban menjadi pilihan tepat, karena disini kamu bisa melakukan foto yang unik dengan latar belakang stalagmit dan stalaktit.

Selain terdapat keunikan wisata goa pada umumnya, di Goa Ngerong Tuban kamu bisa bermain air dan berenang di kolam yang ada di kawasan Goa ini.

Kolam ini memiliki air yang jenih, dan di kolam ini ikan yang berenang di dasarnya terlihat sangat jelas. Selain itu saat di Goa Ngerong Tuban, kamu juga dapat menyusuri sungai di dalam goa dengan menggunakan perahu karet.

Kamu juga bisa memberi makan ikan yang ada di sungai dan kolam di sekitar Goa Ngerong Tuban. Untuk datang ke Goa Ngerong Tuban, kamu bisa datang ke dusun Gembong yang ada di Kecamatan Rengel.

8. Air Terjun Lembah Bongok Tuban

Tempat wisata di Tuban nuansa alam air terjun lainnya bisa kamu temukan di Air Terjun Lembah Bongok Tuban. Lokasi Air Terjun Lembah Bongok Tuban berada di dusun Jetang, Desa Montong dan Kebonagung.

Air Terjun Lembah Bongok Tuban tidaklah tinggi karena hanya memiliki ketinggian 4 meter, tetapi yang unik aliran dari air terjun ini bertingkat.

Bisa dikatakan Air Terjun Lembah Bongok ini mirip dengan air terjun Grojogan Sewu. Karena air terjun ini tidak tinggi, maka air terjun Lembah Bongok ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati air terjun yang aman dan tenang.

Pada bagian bawah Air Terjun Lembah Bongok Tuban, terdapat kolam yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

Sebaiknya saat mengunjungi Air Terjun Lembah Bongok Tuban adalah saat musim kemarau. Karena jika musim penghujan, Air Terjun Lembah Bongok Tuban biasanya airnya akan keruh dan bisa lebih berbahaya untuk dijadikan tempat bermain air atau berenang.

9. Goa Putri Asih

Selain Goa Ngerong, Tuban masih memiliki banyak Goa lainnya dan salah satunya adalah Goa Putri Asih.

Goa Putri Asih ini menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit ditambah batuan alam lain seperti lelehan flowstone, soda, strav, heksentrik dan helektit.

Seluruh oraname tersebut menjadi satu dan membentuk Calcite Flore yang sangat indah. Goa Putri Asih memiliki 9 ruang yang didalamnya isinya berbeda-beda.

Ada satu ruangan yang tembus cahaya dan menjadi spot menarik untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Untuk kamu yang tertarik datang ke Goa Putri Asih, kamu bisa datang ke Desa Nguluhan yang berada di kecamatan montong.

10. Goa Akbar

Satu lagi rekomendasi wisata Goa yang bisa kamu datangi di Tuban yaitu Goa Akbar. Wisata Goa Akbar diyakini sebagai tempat tinggal dari Sunan Kalijaga oleh masyarakat setempat.

Seperti pada goa pada umumnya, Goa Akbar memiliki stalagmit dan stalaktit yang indah. Yang unik dari Goa ini adalah terdapat sebuah mushola dan Paseban Wali yang terdapat juga tempat untuk Wudhu.

Seringnya orang yang berkunjung ke Goa Akbar yang beragama muslim, akan menyempatkan diri untuk sholat di mushola yang ada di dalam Goa Akbar.

Untuk jalur menuju ke Goa Akbar sudah rapi dan mudah untuk diakses, selain itu fasilitas penerangan di Goa Akbar juga sudah sangat baik.

11. Makam Sunan Bonang

Selain di Tuban kamu bisa menikmati wisata alamnya yang indah, kamu juga dapat melakukan wisata religi ke Makam Sunan Bonang.

Makam Sunan Bonang adalah salah satu tempat yang tepat untuk kamu yang ingin berziarah ke salah satu wali yang terkenal di Jawa.

Sehingga dengan datang ke sini kamu bisa merasakan napak tilas untuk berziarah ke Makam Sunan Bonang.

Untuk lokasi Makam Sunan Bonang berada di desa Kutorejo, tepatnya ada di Jalan Kh. Mustain di Kecamatan Tuban.

12. Masjid Agung Tuban

Selain kamu bisa berwisata religi ke Makam Sunan Bonang, saat di Tuban kamu juga bisa berwisata religi ke Masjid Agung Tuban.

Masjid Agung Tuban merupakan salah satu masjid bersejarah yang ada di Tuban, karena didirikan sejak abad ke 15.

Arsitektur Masjid Agung Tuban sangat megah yang didirikan di tanah dengan luas 5.246 meter persegi dan Masjid Agung Tuban memiliki 6 menara dan terdiri dari bangunan 3 lantai.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Tuban yang tidak boleh kamu lewatkan. Baik itu tempat wisata alam pantai, wisata alam air terjun, wisata alam goa dan juga wisata religi yang ada di Tuban.