Program Bimbel IUP PPM UGM

Istilah IUP merupakan kepanjangan dari International Undergradute Program. Sedangkan untuk IUP PPM singkatan dari Program Sarjana Internasional dalam Kebijakan Publik dan Manajemen. Program tersebut, sengaja dibangun untuk menanggapi tantangan baru di tingkat lokal ataupun nasional hingga seluruh dunia.

Tujuan diadakannya program ini, tidak lain untuk mempersiapkan mahasiswa dengan ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam bidang-bidang khusus di dunia bisnis. Diantaranya ada pembangunan internasional dan kebijakan, lalu tata kelola dan kebijakan publik, serta yang terakhir yaitu manajemen publik dan inovasi.

Akreditasi yang dimiliki oleh program IUP PPM adalah AUN (jaringan Universitas Asean). Program yang dinaungi langsung oleh ASEAN-QA, mengedepankan kualitas dari segi lokal dalam negeri hingga tingkatan ASEAN.

Apa Itu Bimbel IUP PPM UGM

Program IUP PPM UGM, memberikan tiga bidang utama kepada mahasiswanya. Bidang pertama adalah pembangunan internasional dan kebijakan, dimana bidang ini memfokuskan pada sistematis dimensi pembangunan internasional. Baik calon mahasiswa ataupun mahasiswa itu sendiri, nantinya diwajibkan menjajaki karir dalam institusi internasional, LSM internasional, perusahaan yang bergerak secara multinasional serta organisasi pemerintahan ternama.

Bidang yang kedua, yakni tata kelola dan kebijakan publik. Bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang berminat menjadi seorang analis kebijakan profesional baik dalam sektor publik hingga organisasi internasional disarankan mengambil bidang ini. Dikarenakan, pihak pengelola program, ingin mahasiswanya mampu memahami dan mengetahui kapasitas secara teknis dalam jangkauan yang luas. Mulai dari cara membuat sebuah kebijakan untuk publik, mengaplikasikan dan mengevaluasi, hingga mendukung struktur tata kelola yang menyusun keseluruhan proses.

stocksnap.io

Bidang terakhir atau ketiga, yaitu manajemen publik dan inovasi. Bidang ini dirancang khusus untuk mahasiswa yang berkeinginan mempelajari cara menghadapi pengelolaan  sektor publik, dalam konteks terbaru. Ilmu yang diberikan kepada mahasiswa, dilatarbelakangi dari cara mengelola sumber daya manusia, mengembangkan organisasi, inovasi untuk pelayanan publik, serta manajemen pengetahuan sesuai standar praktisi profesional.

Lulusan mahasiswa yang telah selesai menjalani program studi dalam bidang manajemen publik dan inovasi, diharapkan dapat memiliki karier yang bagus. Adapun pilihan karir yang dimaksud diantaranya badan pemerintah yang menangani skala internasional, perusahaan yang bergerak secara multinasional, organisasi internasional, dan sektor swasta yang kerap kali dijadikan sebagai salah satu pilihan karier paling potensial. Pilihan karier yang diberikan kepada mahasiswa ini, hampir mirip dengan jenjang karier dari lulusan dalam bidang tata kelola dan kebijakan publik.

Selain dari ketiga bidang serta jenjang karier yang telah dijelaskan sebelumnya, ada penawaran lain dalam program IUP PPM UGM. Penawaran tersebut dikhususkan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar negeri melalui program studi luar negeri yang dijalankan selama satu hingga dua semester di universitas yang telah menjalani kerjasama dengan UGM. Cara lainnya adalah melalui transfer mahasiswa atau transfer kredit yang dilangsungkan selama kurang lebih satu sampai dua semester.

Dengan adanya keunggulan-keunggulan tersebut, tidak heran jika peminat program IUP PPM UGM, cukup diminati oleh banyak kalangan. Oleh karena itu, tahapan awal sebelum menjalani proses seleksi penerimaan mahasiswa, adalah dengan mengikuti bimbel IUP PPM UGM. Banyak sekali pengelola bimbel yang memberikan penawaran khusus untuk siswa yang ingin mengikuti tes program IUP PPM ini.

stocksnap.io

Program dan Fasilitas Bimbel IUP PPM UGM

Demi meningkatkan kualitas para siswa yang mengikuti bimbel IUP PPM UGM, pihak pengelola memberikan program intensif berupa pengajaran yang dilaksanakan dengan cara menginap. Bimbingan dengan model all in program, layaknya seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah secara terstruktur. Tentunya para pengajar yang ditugaskan untuk menangani siswa selama program ini berlangsung, merupakan seorang ahli yang dapat membantu siswa mewujudkan keinginannya.

Mulai dari modul yang di dalamnya berisi materi-materi mengenai soal latihan dan soal prediksi yang kemungkinan akan diujikan dalam IUP PPM UGM. Ada juga materi AcEPT yang dibimbing langsung oleh seorang ahli di UGM yang berpengalaman. Kemudian, ada materi GMST atau simulasi yang memiliki kemiripan hingga mencapai angka persentase sebesar 99%. Terakhir yang paling penting dari mengikuti pelatihan program IUP PPM UGM adalah materi wawancara langsung bersama mentor dengan sistem pembicaraan yang terarah serta inspiratif.

Sedangkan untuk fasilitas diluar urusan bidang studi, ada ruang pembelajaran yang luas serta full-AC. Karena, pada dasarnya bimbel IUP PPM UGM diperuntukkan bagi orang-orang yang serius ingin lolos dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa UGM. Jadi, kuota pesertanya pun terbatas. Selain itu, ada asrama untuk siswa yang menjalani program studi IUP PPM UGM, serta area hotspot gratis serta makan siang yang diberikan selama menjadi peserta dalam program ini.

Try out diberikan saat awal dan akhir program bimbel. Lalu, untuk pemateri dari bimbel, memiliki suasana yang familiar dengan lulusan S-1, S-1 dan mahasiswa yang berasal dari lulusan UI dan UGM. Sehingga, calon mahasiswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran yang akan dihadapi di perkuliahan nanti.

Demikian pengenalan program IUP PPM UGM beserta progam bimbel yang dikhususkan untuk menghadapi tes penerimaan mahasiswa melalui program tersebut. Ke depannya, baik siswa ataupun pemateri bimbel telah memberikan kemampuan terbaiknya. Lolos atau tidaknya kembali lagi ke pribadi masing-masing. Selamat berjuang dan terus semangat menghadapi segala rintangan.