Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Saat kulit sednag berjerawat, beberapa makanan dapat menyebabkan jerawat semakin parah sehingg anda harus menghindari makanan tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang harus anda hindari saat kulit sedang berjerawat.

Wajah dengan kemunculan jerawat memang seringkali mengganggu penampilan, sebenarnya jerawat ini sendiri sangat wajar tumbuh di tubuh kita. Banyak sekali penyebab jerawat dapat tumbuh ditubuh kita, seperti pola hidup yang tidak sehat, pemakaian konsmetik yang tidak cocok, hormone yang tidak seimbang, setres, kulit berminyak dan masih banyak lagi. Namun disamping banyaknya faktor penyebab jerawat, anda bisa meminimalisir timbulnya jerawat dengan merawat kulit, menerapkan pola hidup sehat, memperhatikan kebersihan segala barang yang bersentuhan dengan wajah dan lain-lain.

Karena makanan bisa memengaruhi hormon yang ada didalam tubuh, sebaiknya anda memperhatikan makanan yang anda konsumsi saat anda sedang berjerawat. Ini karena beberapa makanan dapat menyebabkan jerawat semakin banyak. Distributor snack makanan ringan pada kali ini akan membahas mengenai berbegai jenis makanan yang harus anda hindari agar tidak memperparah jerawat anda saat ini.

Makanan yang harus anda hindari saat berjerawat.

Berikut beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi saat kulit sedang berjerawat.

  1. Makanan yang terlalu manis

Makanan yang terlalu manis dan banyak mengandung gula tambahan, menurut penelitian orang yang sering mengkonsumsi makanan dengan gula tambahan memiliki resiko terkena jerawat hingga 30%. Selain itu makanan olahan manis ynag banyak mengandung gula seperti cake juga memiliki resiko 20% menyebabkan jerawat pada kulit.

Selain tidak baik untuk jerawat karena dapat memperparah dan menimbulkan jerawat baru, gula tambahan juga tidak baik bagi tubuh manusia karena dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes.

  1. Cokelat

Bagi anda pengemar setia cokelat, saat kulit anda sedang berjerawat mungkin anda bisa menghentikan terlebih dahulu konsumsi coklat. Mengapa cokelat tidak diperbolehkan dikonsumsi saat berjerawat? Ini karena dalam coklat biasanya memiliki kandungan gula dan susu yang tinggi, gula dan susu ini salah satu penyebab tumbuhnya jerawat pada kulit kita.

Namun anda bisa juga mencari alternative lain untuk mengkonsumsi yakni coklat hitam atau biasa disebut dark coklat. Cokelat hitam biasanya tidak banyak menggunakan campuran gula dalam pengolahanya, sehingga bagi anda yang sangat suka coklat, bisa bergantu mengkonsimsi cokelat jenis ini agar hobby makan coklat anda tetap tersalurkan dengan tetap memperhatikan masalah kulit anda.

  1. makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi

Makanan termasuk sebagai karbohidrat olahan seperti roti sereal, makanan berbahan dasar terigu, mie, pasta, craker dan makanan lainya  memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga memiliki efek pada kadar gula dalam darah dan juga insulin. Karbohidrat olahan biasanya diserap oleh aliran darah dengan cepat yang nantinya bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan juga insulin. Bila kadar insulin tinggi Hal ini sangat tidak baik untuk orang yang mudah berjerawat karena bisa mendorong hormon androgen menjadi lebih aktif. Bila hormon androgen aktif nantinya akan berujung pada munculnya jerawat dengan cepat pada kulit.

  1. makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti hamburger, hot dog, kentang goreng, nugget, mie instan, dan lain memiliki kandungan kalori lemak dan karbohidrat olahan yang sangat tinggi. Jenis makanan cepat saji dapat mudah meningkatkan risiko kemunculan jerawat, ini karena banyak hormon yang yang aktif di akibatkan banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa risiko kemunculan jerawat sebanyak 43% jika anda sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Walaupun sangat enak dan mudah didapatkan, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji saat kulit anda sedang berjerawat. Selain itu karena makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan, sehingga jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini.

  1. Alkohol

Alkohol memiliki kandungan gula yang tinggi, Selain itu alkohol juga merupakan teoritik yang bisa membuat kulit menjadi mudah dehidrasi. Kulit yang di hidrasi atau kekurangan air akan menyebabkan kulit kering, jika kulit anda kering pori-pori dapat dengan mudah tersumbat dan berujung pada timbulnya jerawat.

Selain tidak baik untuk kulit alkohol juga tidak baik untuk tubuh, hal ini karena alkohol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit  dari yang ringan hingga penyakit berat. Maka kurang kurangilah mengkonsumsi alkohol bila ingin melakukan hidup sehat.

  1. Jus

Jus instan banyak sekali terjual di pasaran saat ini, baik dalam bentuk botolan maupun kemasan lain seperti box. Jus instan yang siap minum banyak mengandung gula yang tinggi, sehingga tidak baik untuk kulit berjerawat karena dapat memicu kemunculan jerawat lain.  Tidak hanya jus kemasan jus biasa yang banyak ditambahi dengan gula juga tidak baik untuk kulit berjerawat, bila anda ingin mengkonsumsi buah akan lebih baik bila mengkonsumsi buah secara langsung tanpa memberi gula tambahan.

Demikian artikel mengenai makanan yang dilarang untuk anda konsumsi saat kulits edang berjerawat. Lakukanlah pola hidup sehat dan banyaklah mengkonsumsi buah asli dan sayuran, untuk hidup ynag lebih baik dan kulit yang lebih sehat.