[ Bisnis ]

Mampu Tingkatkan Penjualan, Berikut 5 Alasan Mengapa Bisnis Di Facebook Lebih Disukai

Berbisnis secara online saat ini lebih mudah dilakukan, terutama di zaman maraknya media sosial saat ini. Anda mendapat banyak pilihan platform yang bisa dipakai, salah satunya Facebook. Anda bisa melakukan penjualan dengan cara bisnis di Facebook dengan sangat mudah, sehingga banyak orang yang memilihnya. Yuk cek sederet alasan lainnya di bawah ini!

Sederet Alasan Banyaknya Pebisnis Memakai Media Facebook

  1. Simpel dan Mudah

Pendaftaran akun bisnis melalui media sosial satu ini memang sangat mudah. Anda hanya perlu memakai informasi Facebook pribadi untuk membuat akun baru. Setelah itu, para pemilik akun hanya perlu mengisi formulir yang disediakan, seperti menulis nama usaha serta alamat email yang digunakan.

Setelah proses tersebut, anda hanya perlu menunggu konfirmasi yang dikirimkan pihak pengembang Facebook ke alamat email anda. Bila konfirmasi sudah dikirimkan ke email anda, maka anda sudah bisa mengoperasikannya. Akun bisnis ini sudah bisa dipakai untuk berjualan dengan memperbarui foto profil dan foto sampul agar tampak lebih profesional.

Yang tidak kalah penting, anda juga harus mengatur penambahan halaman, fanpage, serta akun iklan di dalam Pengelola Bisnis yang anda miliki. Manfaatkan ketiga fitur yang telah disediakan oleh pengembang Facebook yang berfungsi untuk memasarkan bisnis anda semakin luas. dengan begitu, penjualan serta pendapatan dipastikan meningkat secara pesat.

Penambahan ketiga fitur tersebut dapat memudahkan anda dalam memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki. Akan tetapi, anda juga harus mengimbangi dengan update status secara berkala dengan tambahan media yang menarik. hal ini berfungsi untuk menarik minat pengunjung semakin besar terhadap bisnis anda.

Cara bisnis di Facebook ini juga bisa dengan gabung dalam grup grup berjualan online yang memakai niche serupa agar penjualan semakin meningkat. Di dalam grup itu, anda juga bisa memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Selain itu, para pemilik bisnis juga bisa menambahkan anggota grup sebagai teman agar dapat menjadi calon pembeli potensial.

  1. Tak Harus Memiliki Website

Bisnis yang dilakukan secara online ini sering kali dilakukan dengan memiliki situs website. Pengelola bisnis yang memiliki situs website resmi memang tampak lebih profesional, sehingga dapat menarik minat pengunjung lebih banyak. Melalui laman ini, anda dapat memasarkan produk beserta detail dan harganya.

Akan tetapi, pebisnis online sering kali mengeluh bila harus membangun usahanya dengan memiliki website terlebih dahulu. Website diklaim memerlukan biaya yang tidak sedikit, mulai dari pembuatan hingga pengelolaannya. Yang tak kalah penting, website ini juga harus didesain dengan menarik agar pembeli tidak bosan serta harus mudah dioperasikan oleh pengguna.

Oleh sebab itu, saat ini hadir media sosial Facebook dengan fitur akun bisnis yang cocok sebagai media berjualan online. Melalui fitur ini, anda bisa memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki kepada banyak orang. Anda juga dapat menggaet banyak peminat dengan takarir serta media yang disertakan dalam setiap unggahan.

  1. Jumlah Pengguna Facebook Sangat Banyak

Siapa yang tidak tahu dengan media sosial berwarna biru satu ini? Facebook diklaim sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Oleh sebab itu, platform satu ini menjadi media yang paling cocok dipakai sebagai tempat berjualan online dan cara bisnis di Facebook cukup diminati banyak orang.

Selain murah dan mudah dioperasikan, media sosial ini mampu menjangkau banyak peminat atau pembeli. Pengembang Facebook mencatat sekitar 1,3 miliar pemilik akun di media sosial ini menjadi pengguna aktif. Oleh sebab itu, media sosial berwarna bitu ini menjadi pasar yang sangat tepat untuk anda yang ingin merintis usaha secara online.

Dapat dipastikan jumlah peminat serta pembeli anda akan bertambah bila memasarkan produk di media satu ini. Akan tetapi, anda juga harus mengimbanginya dengan strategi yang jitu serta layanan memuaskan. Pastikan selalu membalas pesan atau komentar yang masuk dengan cepat karena tanggapan yang cepat dapat membangun kepercayaan pembeli.

  1. Tanpa Modal

Menjalankan bisnis secara online memang tidak memerlukan biaya yang besar karena tidak memerlukan modal awal. Hal ini sangat lumrah karena para pemilik usaha tak perlu biaya untuk sewa tempat atau membayar karyawan. Oleh sebab itu, tips jualan online satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin berjualan tetapi memiliki modal awal yang sangat terbatas.

Anda bisa mengalokasikan modal tersebut untuk pengadaan barang dan layanan lainnya. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan akun bisnis di Facebook tak memerlukan biaya yang besar. Anda hanya perlu memasarkan produk atau jasa yang dimiliki secara optimal, mulai dari sering update status, membuat fanspage, hingga promosi di akun pribadi.

Tak hanya melakukan pemasaran online melalui akun pribadi, anda juga bisa gabung dengan grup yang relevan. Di kolom pencarian, anda bisa mencari beberapa grup relevan untuk memasarkan produk terkait sehingga penjualan bisa meningkat. Dengan begitu, target penjualan anda akan meningkat dan meraih pangsa pasar yang lebih luas.

  1. Biaya Iklan Terjangkau

Setiap usaha harus dipasarkan agar dikenal semakin luas oleh masyarakat, sehingga iklan tetap diperlukan. Melalui Facebook, anda bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads agar usaha anda lebih dikenal. Biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan di halaman ini cukup terjangkau, sehingga anggaran iklan yang anda perlukan sangat minim.

Yang menarik, tarif untuk Facebook Ads bisa diatur oleh pemilik akun bisnis itu sendiri. Dengan begitu, anda bisa sesuaikan dengan budget yang dimiliki agar biaya operasional tidak membengkak. Akan tetapi, untuk mengaturnya diperlukan cara serta teknik khusus agar potensi iklan ini tetap optimal meskipun harganya terjangkau.

Selain iklan, anda juga bisa memanfaatkan Fanspage untuk menarik minat pelanggan lebih tinggi. Melalui fitur ini, anda tak hanya mendapatkan pelanggan tetapi juga menjaga rating agar status tetap terjaga di beranda teman teman Facebook. Cara bisnis di Facebook satu ini tak boleh dilewatkan agar penjualan anda terus meningkat.

Berbisnis secara online melalui Facebook banyak dipilih oleh masyarakat milenial karena biaya yang dibutuhkan sangat minim. Selain itu, anda juga dapat menjangkau banyak pelanggan melalui media sosial satu ini. Pasalnya, jumlah pengguna aktif media sosial itu hingga 1,3 milyar sehingga tak heran bila banyak pebisnis yang memilih Facebook untuk berbisnis.

Tags: