[ Bisnis ]

Cara Merakit Lampu Neon Box Dengan Mudah Untuk Pemula

Neon box menjadi benda yang cukup menarik digunakan sebagai papan nama, karena ia menyala sehingga terlihat jelas di malam hari. Meski sebetulnya bisa saja papan nama biasa sekedar diberi lampu di atasnya, namun tentu saja kesan yang ditunjukkan akan berbeda. Neon box dapat dengan apik menunjukkan kesan eksklusif yang membuat apa yang tertera padanya akan mendapat perhatian lebih.

Kiranya hal tersebutlah yang membuat banyak orang penasaran bagaimana cara membuat neon box dan tentu saja melakukan perakitan lampu neon untuk di dalamnya. Meski dengan mudah orang-orang dapat memesan pada para pembuat neon box jakarta dan sekitarnya, tetapi sebagian orang tak ragu mencoba dengan risiko gagal karena ada langkah yang semestinya dilakukan justru tidak dilakukan. Itulah sebabnya dibutuhkan panduan agar usaha mencoba membuat neon box tidak sia-sia.

Panduan Mudah Merakit Lampu Neon Box

Bagi banyak orang, membuat box sebagai wadah alias rangka neon box nantinya merupakan hal yang sangat mudah, karena memang tinggal dibuat sesuai bentuk yang diinginkan saja. Tetapi ketika tahapan berlanjut ke perakitan lampu neon yang hendak digunakan, barulah kesulitan mulai dihadapi.

Untuk itulah artikel ini hadir memberikan sedikit informasi ringkas tentang bagaimana cara merakit lampu neon box yang mudah. Informasi ini utamanya ditujukan kepada para pemula, tetapi bagi pembaca sekalian yang sudah ahli pun tidak ada salahnya turut membaca informasi panduan berikut ini.

  1. Siapkan rangka

Menyiapkan rangka neon box jelas merupakan langkah awal, dan seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa menyiapkan rangka ini merupakan perkara yang mudah. Tinggal buat dari kayu, besi maupun bahan lainnya yang cukup kokoh dan dapat dibentuk dengan mudah. Pasalnya jika ingin bentuk yang tidak sekedar kotak ataupun persegi panjang maka bahan pembuatan rangka harus lebih diperhatikan.

  1. Pilih lampu

Lampu yang hendak digunakan pada neon box bisa bermacam-macam, bahkan meskipun namanya neon box bukan berarti tidak boleh menggunakan lampu jenis lain. Pertimbangkanlah memilih lampu yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik itu jenisnya, besaran dayanya, bentuk lampunya dan lain sebagainya. Karena hal tersebut erat kaitannya dengan nanti ketika akan diletakkan di dalam rangka yang sudah disiapkan.

Umumnya orang-orang memang menggunakan lampu neon panjang yang cukup terang karena akan diletakkan di luar. Tetapi sudah banyak pula neon box yang dibuat dengan menggunakan lampu LED sehingga tampak lebih variatif. Perihal warna lampu juga menjadi pertimbangan yang tak kalah penting mengingat suatu lampu jelas akan dilihat dari warnanya juga.

  1. Letakkan lampu di dalam rangka neon box

Tahap ini sebetulnya mudah, hanya saja harus dipastikan dudukan lampunya sudah tersedia di dalam rangka neon box. Jika memang menggunakan lampu neon panjang dan bentuk neon box persegi panjang maka sebaiknya posisikan secara horizontal lampu-lampunya. Tetapi jika menggunakan lampu bentuk lain karena bentuknya juga tidak  melulu persegi maka penempatan lampu bisa lebih disesuaikan. Intinya adalah posisi diletakkan sesuai dengan posisi terbaiknya dari sudut pandang nanti setelah banner informasi yang hendak ditampilkan terpasang.

  1. Pasang trafo

Pada lampu neon panjang yang digunakan dalam neon box, keberadaan trafo cukup penting sehingga pemasangannya juga harus diperhatikan. Disarankan untuk meletakkan trafo di bagian yang dekat dengan kabel penghubung tiap-tiap lampu neon. Untuk menempelkan trafo, bisa gunakan stiker yang tahan terhadap panas dan jangan lupa pastikan bahwa trafo sudah tertempel kuat.

  1. Sambungkan kabel listrik ke trafo

Ini merupakan tahap paling krusial, karena tanpa kabel yang tersambung maka listrik tidak akan mengalir ke lampu. Pastikan sambungan kabel dari lampu ke trafo serta dari trafo ke sumber daya listrik sudah tersambung dengan benar. Jangan ragu untuk mengeceknya terlebih dahulu sebelum neon box benar-benar ditutup dengan banner nantinya. Apabila sudah dilakukan pengecekan alias uji coba dan didapati hasilnya sudah sesuai, barulah rangka neon box sudah boleh ditutup menggunakan banner informasi yang hendak ditampilkan pada neon box.

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Neon Box Rakitan

Kualitas suatu neon box tidak selalu didasarkan pada siapa yang membuatnya, karena pada dasarnya orang awam juga bisa saja membuat neon box berkualitas. Hal dasar seperti cara merakit lampu neon box di atas tentu mudah dipahami dan dapat diikuti oleh siapa saja, tinggal kreativitas yang harus dituntut untuk mendapatkan hasil akhir berupa neon box yang tidak biasa.

Tetapi selain kreativitas, ada ketelitian juga dalam pembuatan neon box secara mandiri. Itulah mengapa harus diingatkan kepada para pembaca sekalian mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat neon box. Hal pertama yaitu kualitas bahan baik itu bahan dari rangka neon box maupun bahan banner yang digunakan.

Bahan rangka neon box sebaiknya kuat dan kokoh serta tidak mudah rusak karena panas maupun hujan. Besi, baja ringan dan beberapa jenis kayu bisa dijadikan pilihan untuk masalah ini. Kemudian soal bahan banner pun demikian, jangan sampai memilih yang mudah rusak apalagi untuk peletakan di luar ruang.

Hal berikutnya yang juga tak kalah penting yaitu ketika menutup rangka dengan banner, pastikan tertutup rapat. Karena di dalam rangka terdapat sambungan listrik yang jelas akan sangat terganggu dan berbahaya jika terkena air hujan nantinya.

Tags: