[ Kesehatan ]

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan yang Tak Boleh Terlewatkan

Cuka apel sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan aktif dalam dunia medis. Namun, tahukah Anda bahwa ada efek samping yang timbul setelah mengkonsumsinya?

Cuka apel sejatinya adalah minuman yang berasal dari sari buah apel. Selanjutnya cairan perasan apel tersebut akan diberi bakteri dan ragi untuk menghasilkan proses fermentasi alkohol. Hal inilah yang menyebabkan rasa cuka apel sangat masam, sehingga tidak disarankan untuk meminumnya secara langsung karena dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh. Lantas, masih adakah efek samping lain yang ditanggung tubuh ketika tetap memaksakan mengkonsumsi cuka apel? Yuk simak penjelasan beikut ini atau langsung akses situs ceklist.id.

Adakah Manfaat Rutin Mengkonsumsi Cuka Apel?

Dewasa ini telah banyak produsen yang memproduksi cuka apel, sehingga masyarakat pun mulai banyak mengenalnya. Namun, kebanyakan dari mereka hanya menggunakan cuka apel sebagai media pembersih rumah tanpa tahu ada manfaat lain yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini kami sajikan beberapa informasi manfaat cuka apel untuk kesehatan.

1.      Hilangkan Noda Membandel

Anda memiliki masalah noda atau kerak membandel di dapur maupun kamar mandi? Tenang, kini Anda bisa membersihkannya dengan mudah tanpa harus menggosoknya dengan kuat. Cuka apel adalah alternatif pilihan yang baik untuk hilangkan noda maupun bau tak sedap. Cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air untuk membersihkan noda dan plak. Sedangkan untuk menghilangkan bau tidak sedap, silakan teteskan cuka apel pada sumber bau.

2.      Obati Asam Urat

Cuka apel mengandung zat antiinflamasi yang bagus bagi penderita asam urat. Jika rutin mengkonsumsinya, zat tersebut akan bekerja optimal meredakan peradangan pada sendi. Hal inilah yang nantinya dapat menghilangkan rasa nyeri dan mengobati asam urat.

3.      Pudarkan Bekas Jerawat

Hilangkan jerawat membandel kini mudah untuk dilakukan hanya dengan bantuan cuka apel. Tak hanya jerawat beserta bekasnya saja yang hilang, masalah wajah lainnya seperti kulit berminyak dan kusam pun dapat diatasi dengan cuka apel.

4.      Atasi Sengatan Ubur-Ubur

Membawa cuka apel ketika bepergian ke pantai merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanay sengatan ubur-ubur. Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika menyengat, tentakel ubur-ubur akan menyalurkan sel nematosis yang menyebabkan rasa terbakar pada lawannya. Agar sel tersebut tidak memaksimalkan kinerjanya, Anda dapat menghambatnya dengan merendam bagian yang tersengat dengan cuka apel.

5.      Menjaga Kesehatan Rambut

Proses fermentasi cuka apel yang lama tentu menghasilkan produk dengan bau yang cukup menyengat. Meski demikian banyak manfaat yang dihasilkan loh, salah satunya untuk kesehatan rambut. Jika Anda rutin menggunakannya pada area rambut maka Anda akan mendapatkan manfaat berupa rambut yang berkilau, bebas dari kerontokan, mempercepat pertumbuhan, dan lain sebagainya.

6.      Membunuh Kuman

Anda bisa mengkonsumsi lalapan maupun salad dengan menambahkan cuka apel di dalamnya. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan kuman yang menempel pada makanan karena kandungan asam asetat yang tinggi.

7.      Mengontrol Kadar Insulin

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi cuka apel sedikit lebih dianjurkan daripada non diabetes. Hal ini berguna agar kadar insulin dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik, agar nantinya proses pengubahan glukosa menjadi energi dapat terjadi secara optimal. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka akan menimbulkan resistensi insulin yang mengakibatkan tubuh tidak lagi merasa sensitif dengan insulin. Lazimnya hal tersebut akan dialami oleh penderita diabetes tipe 2.

8.      Menu Pilihan Diet

Cuka apel memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memasukkannya dalam menu pilihan diet bersamaan dengan sayuran atau buah-buahan lainnya. Namun perlu diingat bahwa Anda harus bijak dalam menggunakannya jika tidak ingin terkena efek samping pengkonsumsian cuka apel.

Efek Samping Mengkonsumsi Cuka Apel

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan. Namun perlu diingat bahwa jumlah penggunaan yang terlalu tinggi maupun kondisi tubuh yang tidak fit, ternyata dapat memicu munculnya beragam efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek negatif mengkonsumsi cuka apel bagi tubuh.

1.      Merusak Gigi

Kadar asam yang terlalu tinggi pada cuka apel jika salah dalam penggunaannya ternyata dapat merusak enamel gigi. Jika bagain tersebut terkikis maka akan menimbulkan adanya gigi berlubang. Jadi, harap bijak dalam menggunakannya ya.

2.      Muncul Gangguan Pencernaan

Segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan memang membawa dampak negatif, termasuk cuka apel. Jika Anda mengkonsumsinya melebihi batas aman maka akan menyebabkan munculnya gangguan pencernaan berupa diare. Hal ini akan menunjukkan gejala yang lebih parah jika menyerang penderita maag.

3.      Peradangan Pada Kerongkongan

Meski cuka apel dapat digunakan untuk mengobati peradangan, namun siapa kira jika mengkonsumsinya dalam jangka waktu lama pun dapat menyebabkan peradangan pada kerongkongan. Untuk itu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya ya.

Dosis Penggunaan Cuka Apel yang Tepat

Sebenarnya tak ada batasan khusus penggunaan cuka apel tiap harinya. Hanya saja Anda bisa menyiasati agar terhindar dari efek samping penggunaan. Adapun kait tersebut seperti melarutkannya dengan air, menggunakan sedotan agar mengurangi paparan cuka apel dengan gigi, menggunakannya secara wajar.

Beberapa informasi seputar manfaat cuka apel untuk kesehatan tersebut semoga dapat menambah khasanah pengetahuan Anda agar terhindar dari efek samping penggunaan. Referensi lain yang serupa dapat Anda simak langsung melalui situs ceklist.id. Semoga bermanfaat.

Tags: