[ Home Decor ]

Partisi ruangan rumah minimalis

Rumah dengan ukuran mini memerlukan sebuah strategi penataan ruang yang lebih ekstra dibandingkan ukuran rumah biasa. Misalnya seperti kesalahan kecil dalam pemilihan pertisi ruangan yang dapat menyebabkan tempat kurang efketif dan tidak efisien. Bukannya bertambah nyaman, justru rumah jadi terasa lebih sempit.

Pembuatan dinding pemisah ruang harus dipertimbangkan kembali  untuk rumah minimalis. Partisi demikian cocok saja apabila diterapkan pada bagian rumah yang mempunyai nilai privasi seperti halnya kamar mandi dan kamar tidur. Namun selain itu, terdapat beberapa ide partisi lain yang lebih menarik bagi rumah minimalis.

Inspirasi partisi unik untuk rumah minimalis

Pixabay.com

Ingin memasang partisi ruangan yang cantik, namun masih bingung ingin memilih yang bagaimana? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 10 jenis partisi kreatif yang cocok diterapkan pada rumah minimalis. Siapa tau salah satu di antaranya dapat menginspirasi anda untuk mencoba,

  1. Partisi kaca tembus pandang

Sekat pertama yakni kaca yang dibuat seakan-akan menjadi pintu gapura menuju ruangan lain di dalam rumah. Pemasangan partisi ini cocok digunakan sebagai sekat diantara dua bagian rumah yang luas, misalnya dari ruang tamu ke ruang keluarga. Partisi kaca akan membuat rumah nampak modern dan elegan, transparansi kaca juga mampu menyamarkan batas-batas ruangan tersebut sehingga rumah menjadi tetap nampak luas.

Untuk pemasangannya, anda dapat mengkombinasikannya dengan bingkai galvalum, kayu, gorden atau lain sebagainya sehingga nampak lebih rapi dan material jadi lebih aman dari guncangan atau tekanan.

  1. Memasang folding window

Folding window sebenarnya masuk dalam kategori jendela, namun dalam prakteknya ia juga sering merangkap menjadi pintu atau sekat ruangan. Sebagaimana interior kaca pada umumnya, ia memiliki sifat efisien dan modern. Tekstur tersebut membuatnya cukup serasi apabila disandingkan pada rumah minimalis.

Folding window banyak dipilih sebagai sekat ruangan sekaligus pintu antara ruangan rumah dengan area outdoor, misalnya dengan kolam renang, taman belakang, atau jemuran. Untuk menutupnya, pengguna hanya tinggal menggeser kemudian dikunci. Jika tidak dibutuhkan untuk dibuka, pengguna masih bisa memanfaatkannya untuk menikmati pemandangan.

  1. Partisi kayu

Partisi berbahan kayu tak kalah indahnya. Terutama jika rumah anda mengusung tema klasik dan simple, lembaran kayu sebagai sekat ruangan akan sangat menyempurnakan penampilannya. Keuntungan menggunakan material ini juga sangat banyak, diantaranya jenis bahan kayu yang beragam, mudah dibentuk, mudah dipasang, tersedia variasi harga ekonomis, serta mudah cocok dengan berbagai jenis ruangan.

  1. Partisi anyaman tali

Dibandingkan 3 contoh partisi yang sudah disebutkan diatas, jenis ini termasuk sangat unik. Tali dengan panjang bermeter-meter dianyam sedemikian rupa hingga menjadi sebuah sekat yang rapat namun tidak tertutup sepenuhnya. Tampilannya ringan dan memiliki nilai estetika serta kreatifitas tinggi. Kesan unik dan menariknya tidak akan bisa disembunyikan.

Partisi tali cocok dipakai untuk sekat antara ruang besar ke ruang kecil. Misalnya antara ruang keluarga ke kamar kerja atau ruang makan. Pemilihan warna dan jenis anyaman yang menyesuaikan konsep rumah akan membuat ruangan nampak berkesan.

  1. Partisi kaca cermin

Kaca cermin dikenal memiliki kelebihan dalam menyamarkan ruangan kecil menjadi nampak lebih besar. Hal ini disebabkan pula oleh pantulan gambar dari cermin tersebut. Selain itu, partisi ini juga dapat difungsikan sebagai dekorasi apabila ditata dengan kreatifitas sebaik mungkin.

Salah satunya ialah menyusun cermin panjang-panjang secara horizontal dan kemudian menggantungkannya di langit-langit. Untuk tujuan ini, memilih jenis kaca yang ringan sangat direkomendasikan supaya lebih aman. Jangan lupa memastikan bahwa penyangga atas  sudah cukup kuat

  1. Partisi kerajinan bambu

Pixabay.com

Kerajinan tirai bambu mungkin akan mengingatkan anda dengan rumah makan atau angkringan kopi yang biasa menggunakannya sebagai sekat lapak jualan dengan area luar. Namun, bentuk klise demikian kurang cocok diterapkan pada rumah minimalis, melainkan harus ditata ulang lebih dahulu.

Pemilihan bambu sebagai bahan partisi sangat cocok digunakan sebagai interior hunian di wilayah tropis. Tumbuhan yang masih melimpah di pedesaan tersebut mempunyai corak alamiah indah dan ketahanan tinggi terhadap kerusakan.

  1. Partisi akuarium

Apabila anda membutuhkan ketenangan dan relaksasi di ruang kerja atau dapur, partisi akuarium ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Banyak penyuka ikan mengadopsi jenis sekat ini untuk mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni memelihara hewan kesukaan sekaligus menjadi sekat ruangan rumah.

Akuarium yang difungsikan sebagai pembatas ruang minimalis tentu harus berbentuk pipih supaya tidak memakan banyak ruang.

  1. Partisi gorden

Gorden tidak hanya digunakan untuk jendela, melainkan juga sebagai pembatas ruangan rumah yang efisien dan dinamis. Keuntungannya, anda dapat membuka atau menutup gorden tersebut ketika diinginkan. Selain terbuka, ia juga dapat memenuhi kebutuhan privasi.

  1. Partisi tanaman hias

Inspirasi gorden terakhir yakni tanaman gantung yang dipasang pada rak-rak modern. Manfaat jenis partisi ini antara lain menjadi sekat ruangan, berguna memanjakan mata, membuat rumah menjadi lebih sejuk, serta menampilkan ruangan bertema natural dan alami.

Apabila anda berminat, jangan lupa menggunakan jenis tanaman hias yang berukuran mini dan merambat dengan warna pot yang seragam.

 

 

Tags: