[ Uncategorized ]

Tips Budidaya Jambu Air didalam Pot Agar Bisa Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Kita ketahui bersama kalau tanaman jambu air merupakan salah satu tanaman yang populer dengan memiliki rasa yang manis. Buah jambu air ini memiliki rasa yang manis, asam dan agak sepat. Tanaman ini banyak dipilih karena memiliki daya adaptasi yang tinggi. Sehingga jambu air ini bisa ditanam pada dataran tinggi dan dataran rendah.

Selain itu tanaman jambu air ini sangat mudah berbuah baik ditanam pada sebuah lahan atau dalam pot. Sehingga tidak heran kalau saat ini sudah banyak sekali para pecinta tanaman yang menanam jambu air. Selain itu bagi anda yang tidak memiliki lahan bisa menanam jambu air ini di media pot.

Tips Budidaya Jambu Air Media Pot Agar Cepat Berbuah

  1. Memilih bibit yang berkualitas

Ketika anda memilih untuk menanam jambu air pada pot mak pastikan memilih bibit yang berkualitas dari cangkok jangan dari biji. Selain itu pastikan cangkok tersebut berasal dari tanaman jambu air yang sudah berbuah.

  1. Memilih media tanam

Pilihlah media tanam yang memiliki sifat ringan, gembur, dan bebas dari berbagai hama penyakit. Pastikan anda sudah menyiapkan komposisi media tanam yang tepat mulai tanah, pupuk kandang, sekam dengan perbandingan 2:1:1.

  1. Tahap penanaman bibit jambu air

Pada tahap ini silahkan memilih bibit yang merupakan hasil dari okulasi. Pastikan umur bibit ini udah sekitar 6 bulan dengan memiliki tinggi sekitar 50 cm dan sudah memiliki dia pasang daun.

  • Menyiapkan pot
  • Memasukkan pecahan genting untuk memudahkan air keluar dari pot
  • Memasukkan bibit jambu air ke dalam media tanam
  • Menutup bibit tanaman dengan batasan pangkal batang
  • Menyiram tanaman jambu air secukupnya
  • Silahkan tempatkan tanaman pada tempat yang sejuk dan teduh sampai muncul tunas yang baru
  1. Tahap perawatan tanaman jambu air

Agar tanaman jambu air bisa menghasilkan buah yang banyak maka membutuhkan pemeliharaan yang tepat. Maka dari itu diperlukan penyiangan, penyiaman, proses pemupukan dan tidak kalah pentingnya pemangkasan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips budidaya jambu air yang bisa menghasilkan buah yang lebat di dalam pot. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda dalam menanam jambu air.