[ Pengetahuan ]

Apa Itu WordPress dan Kelebihan dari CMS Lainnya

Sepertinya sudah banyak yang mengetahui apa itu WordPress dan betapa populernya penggunaan CMS yang satu ini. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan maupun bisnis/usaha yang memanfaatkan WordPress untuk membuat website. Banyaknya kelebihan yang diberikan menjadi alasan utama mengapa banyak yang lebih memilih menggunakan WordPress daripada CMS Lainnya.

Di awal kemunculan nya, WordPress lebih fokus sebagai platform pembuatan website. Namun, hingga kini sudah banyak perubahan dan inovasi canggih yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan WordPress. WordPress itu sendiri bisa dimanfaatkan untuk membuat website pribadi/personal, perusahaan swasta, lembaga pemerintah maupun e-commerce atau toko online.

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu WordPress?

Pixabay.com

WordPress adalah platform pembuat website yang sudah ada sejak tahun 2003, diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Matt dan Mike berinisiasi membuat WordPress setelah ditutupnya software blogging bernama b2/cafe blog yang mereka gunakan sebelumnya. Sejak saat itu, WordPress terus dikembangkan hingga seperti sekarang dan menjadi CMS (Content Management System) paling populer.

Alasan utama banyak orang menggunakan WordPress yaitu platform ini bersifat open source bisa digunakan secara bebas dan gratis. Meski begitu, kualitas WordPress tidak perlu diragukan lagi terbukti banyak perusahaan besar yang menggunakannya. Hal ini menunjukkan bahwa CMS WordPress sudah dipercaya di seluruh dunia. WordPress itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, berikut ini penjelasannya, antara lain:

  1. com

Secara sederhana, WordPress.com merupakan versi gratis dari WordPress, tetapi ada hal yang tidak bisa diubah, salah satunya nama domain bawaan. Jika Anda menggunakan platform WordPress.com, berikut ini beberapa peraturan atau ketentuan yang tidak dapat diikuti, antara lain:

  • Ekstensi domain harus dengan format www.websiteanda.wordpress.com
  • Kapasitas ruang atau disk space yang diberikan terbatas
  • Pilihan tema atau template website juga terbatas
  • Tidak bisa melakukan install beberapa Plugin
  • Tidak bisa dijadikan website e-commerce atau toko online
  • Tidak bisa memasang iklan di website
  1. org

Sedangkan WordPress.org memberikan lebih banyak kebebasan dalam memodifikasi pengaturan pada website Anda. Pada dasarnya, WordPress merupakan platform gratis, biaya yang dibayarkan pada WordPress.org merupakan biaya sewa hosting dan domain.

Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS Lainnya

Pixabay.com

WordPress memang banyak dipilih karena setelah mengetahui apa itu WordPress, ada banyak kelebihan yang ditawarkan dan dirasakan sendiri oleh pengguna. Nah, berikut ini beberapa kelebihan WordPress daripada CMS Lainnya, antara lain:

  • Mudah Digunakan

Bagi pemula, menggunakan platform WordPress bisa jadi pilihan paling tepat untuk membangun bisnis dan membuat website. Hal ini karena semua fitur yang bisa diedit dengan mudah tanpa harus menggunakan coding atau bahasa pemrograman yang rumit.

  • Banyak Plugin dan Template

WordPress juga menyediakan banyak pilihan Plugin dan template/tema website yang bisa digunakan oleh pengguna, ada yang gratis dan berbayar. Plugin bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website, sedangkan template bisa diubah dan diedit sesuai keinginan agar tampilan website lebih menarik.

  • Komunitas Luas

WordPress itu sendiri sudah dipakai oleh 30% dari seluruh website di dunia. Maka, tak heran jika WordPress membangun komunitas dengan menyediakan forum offline dan online untuk berdiskusi antar sesama pengguna WordPress. Melalui komunitas tersebut, para pengguna bisa saling berbagi informasi menarik dan bermanfaat tentang update fitur WordPress dan lain sebagainya.

  • Banyak Tersedia Tutorial

Selain itu, komunitas yang luas juga dijadikan sebagai wadah untuk mencari berbagai macam tutorial mengenai web hosting dan lain-lain. Tak hanya melalui forum dan komunitas, ada banyak sekali tutorial WordPress yang tersedia gratis dan bisa Anda pelajari di internet.

  • Relatif Lebih Terjangkau

Meski memiliki versi berbayar yaitu WordPress.org, pada dasarnya biaya yang dikeluarkan akan digunakan untuk menyewa hosting dan domain. Sedangkan software, beragam Plugin dan tema website akan didapatkan secara gratis.

Namun, setiap CMS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan WordPress yang memiliki kekurangan seperti berikut ini, antara lain:

  • Mudah terserang hacker karena 30% pengguna website dibuat Menggunakan WordPress, jadi harus sering update dan install Plugin keamanan
  • Beberapa Plugin menyebabkan terjadinya bug karena dibuat oleh pihak ketiga, oleh karena itu pertimbangkan baik-baik sebelum memasang Plugin
  • Jika terlalu banyak memasang Plugin, website bisa mengalami loading atau berjalan lebih lambat

Meski relatif lebih terjangkau, WordPress banyak digunakan oleh perusahaan dan lembaga pemerintah. Para penyedia jasa web hosting juga banyak yang memanfaatkan CMS WordPress seperti Atlanta SEO Company. Hal ini karena WordPress juga sangat memperhatikan kualitas dan banyak dipercaya oleh perusahaan ternama di dunia.

Tags: