[ Uncategorized ]

Yuk Intip 5 Pulau di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Surabaya. Meskipun sebagian besar wilayah jawa timur adalah pulau jawa di sebelah timur, namun terdapat pulau pulau kecil yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Pulau tersebut sering dijadikan sebagai tujuan wisata. Beberapa pulau tersebut terletak kawasan laut Jawa, Madura dan Samudera Hindia. Penasaran dengan pulau di Jawa Timur yang dijadikan tempat wisata? Yuk simak ulasan di bawah ini.

5 Rekomendasi Pulau Kecil di Jawa Timur untuk Liburan

  1. Pulau Nusa Barong

Pulau ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menarik tetapi juga aneka flora dan fauna yang cukup unik. Beberapa fauna yang ada di sana diantaranya rusa jawa, lutung budeng, penyu hijau hingga elang laut dada putih. Pulau Nusa barong terletak di selatan pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Jember. Bagi kamu yang berjiwa petualang, mengunjungi pulau ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

  1. Gili Ketapang

Siapa yang tidak kenal dengan pulau mempesona yang satu ini. Pulau yang ada di Kabupaten Probolinggo ini, sering dijadikan sebagai tujuan untuk melakukan snorkelingĀ  dan diving. Untuk bisa ke Gili Ketapang, maka pengunjung harus berangkat ke Pelabuhan Tanjung Tembaga untuk menyewa perahu motor. Pulau Gili Ketapang memiliki luas wilayah sekitar 68 hektar. Penduduk sekitar meyakini jika dulunya pulau ini menyatu dengan desa ketapang, namun akhirnya berpisah.

  1. Gili Iyang

Pulau di Jawa Timur ini terkenal dengan udaranya yang bersih dan segar. Bahkan Gili Iyang disebut sebut sebagai wilayah penghasil oksigen tertinggi kedua di dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan yang tumbuh di pulau ini. Wisatawan bisa melakukan beberapa kegiatan seperti snorkeling, diving atau hanya sekedar menikmati keindahan pantainya. Jika berniat mengunjungi tempat ini, maka kamu bisa mendatangi desa Dungkek, Sumenep.

  1. Gili Labak

Pulau yang masuk ke wilayah Sumenep, Madura ini memiliki luas daratan sekitar 5 hektar. Pulau ini menyajikan keindahan alam dengan perairan yang sangat jernih. Aktivitas andalan yang dilakukan di pulau ini yaitu snorkeling. Kamu juga bisa menghabiskan liburan dengan menikmati pemandangan sambil mengelilingi pulau. Untuk mengunjunginya, kamu terlebih dahulu pergi ke Pelabuhan Kalianget atau naik perahu dari Pelabuhan Tanjung .

  1. Pulau Bawean

Pulau Bawean masuk kawasan Gresik dengan jarak 120 kilometer dari kota. Di pulau ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata mulai dari Danau Kastoba, Penangkaran rusa, Tanjung Gaang hingga pulau Gili. Pulai ini menawarkan keindahan alam yang masih asri. Mengunjungi pulau di Jawa Timur ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan stres.

Itulah beberapa pulau kecil di Jawa Timur yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti pulau Kambing dan Pulau Kangean. Kebanyakan pulau pulau tersebut menawarkan keindahan alam bawah laut seperti terumbu karang dan ikan ikan kecil, sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka berenang dan menyelam.